Short Review from ITGCC 2014 on JI Expo

Banner ITGCCHari Minggu, 23 November 2014, akhirnya saya memutuskan untuk berangkat ke JI Expo, melihat pameran ITGCC (Indonesia Toy Game Comic Convention). Awalnya sempat bingung mau datang ke acara  HelloFest atau ke ITGCC. Setelah browsing sedikit di website officialnya di http://www.indotgcc.com dapat info bahwa ITGCC sendiri merupakan spin-off dari acara sejenis yang berlangsung di Singapura. Di Singapura sendiri acara ini sudah berlangsung selama 7x, dan di Indonesia, tampaknya ini acara perdananya.

Sampai di venue, langsung menuju ticket booth dan membayar IDR 90K, sangat mahal menurut saya, tapi tak apalah, ekspektasi saya pun juga cukup besar dan antusias. Begitu masuk venue, saya disambut beberapa statue dari villain-villain dalam komik. Kalau tidak salah ini booth milih XM Studios. Cukup bikin ngiler, soal harga, ya jangan tanya deh, haha, paling ga siapin 5 jutaan kalo mau  puas membawa action figure dan merchandise-merchandise yang memang keren-keren disini.

DSC05659 lowresmagnetogodofwar hulk predator

Beberapa booth yang menarik perhatian saya yakni XM Studios, SSR Jakarta, dan Kinetiquettes.

Ketika saya menyambangi booth SSR, disambut ramah dengan mas Rangga, dan diajaklah saya ikutan workshop sculpting karakter dimana pematerinya ternyata temen satu kampus dulu yang sudah malang melintang di dunia modeling karakter, namanya kebetulan sama juga, Rhangga. Memang bener jago nih orang, sick man karyanya! Terakhir yang saya tahu, dia di Codemasters.

Adalagi Kinetiquette, saya seneng liat hasil sculpting artist-nya. Jadi dari material clay, dibentuk lagi dengan menggunakan resin, sehingga diperoleh statue yang lebih ringan namun tetap kuat. Sayangnya gak ada aksi live sculpting di booth-nya, hanya memamerkan hasil karyanya saja. Padahal melihat live sculpting ibarat menonton musisi langsung dari panggung, feelnya jelas lebih yahud, dan memang saya secara pribadi sangat menikmati sebuah performing arts.

Selain itu, para guest yang datang juga membuat event ini makin menarik, sebut saja Vampy Bit Me, Benzilla, Baker, C.B. Cebulski, Elizabeth, Hige Driver, J Ryu, Simone Legno, dan Yuyoyuppe. Satu-satunya kekurangannya acara ini menurut saya adalah, kurang ramai dan gegap gempita untuk atmosfer acaranya, saya sih berharapnya ketika masuk di dalam, sudah disambut dengan dentuman senjata-senjata partikel, kemudian banyak laser-laser memenuhi seisi venue (ngarepdotcom). Juga ada robot-robot Gundam berjalan dan (pura-puranya) bertempur, juga ada Storm Troopers berkejar-kejaran dan main pistol-pistolan laser, pasti heboh deh, haha. Tapi bisa jadi event ini kan juga menyasar anak-anak dan keluarga , sehingga harus banyak berkompromi dengan konsep acaranya.

Buat para pencinta (dan mungkin sudah masuk kategori maniak) anime, toys, dan comic. It’s your best place for you. Jangan lupa menabung buat tahun depan buat borong collectible items nya di event ini. See ya there next year!

mejeng lowres

 

a CG enthusiast, find me at @bomamorello

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s